April 20, 2009

Ponpes Metal Pasuruan Merazia Orang Gila

Selama dua hari, sejak Jumat (17/4) hingga Sabtu (18/4) para santri Ponpes Muslim Metal, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, berkeliling wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan, merazia orang gila yang menggelandang.

Para orang gila yang biasa berkeliaran di jalanan tersebut, oleh para santri yang rata-rata berambut gondrong, langsung ditangkap dan dimasukkan ke dalam truk. Tidak terkesan jijik sedikit pun dari para santri yang sigap begitu menjumpai orang gila berkeliaran di jalanan.
Selama dua hari beroperasi, para santri Ponpes Muslim Metal berhasil merazia 17 orang gila. Selanjutnya orang-orang gila itu dibawa menuju ke Ponpes Muslim Metal untuk dibersihkan dengan dimandikan, dipotong rambutnya dan diberi pakaian yang layak.

Meski gila, terkadang di antara mereka ada juga yang melawan saat dibersihkan.
KH Abu Bakar Kholik, Pengasuh Ponpes Muslim Metal mengatakan, aktivitas ini sudah dilangsungkan selama bertahun-tahun. Tujuannya, semata-mata untuk memanusiakan para orang gila itu.

“Mereka juga sama-sama manusia, ditangkapi selanjutnya dibersihkan, dimandikan dan diberi pakaian yang layak seperti halnya orang waras. Selanjutnya dibina dengan berbagai aktivitas keagaamaan. Jika diperlakukan seperti orang normal pada umumnya, Insya Allah mereka bakal diberi kesembuhan dan normal kembali,” tandas KH Abu Bakar Kholik.

Ponpes Muslim Metal memperlakukan para orang gila seperti halnya memperlakukan orang normal, ternyata manjur untuk menyembuhkan mereka. Terbukti dari ratusan orang yang dulu dianggap gila, saat ini kembali berperilaku normal.

“Jika sudah sembuh dan ingat kampung halamannya, mereka bisa pulang kembali dan hidup normal seperti orang biasa. Tapi jika mereka memilih untuk tetap di pondok ini juga saya persilakan,” imbuh KH Abu Bakar Kholik.

dikutip dari surya.co.id

0 komentar:

 
© free template by Blogspot tutorial| Muslim Jatim | Ponpes Metal Pasuruan Merazia Orang Gila